Jenis – Jenis Sakura

Siapa tidak kenal dengan bunga sakura di Jepang, setiap orang yang mendengar kata bunga sakura pasti pikirannya akan teringat negara Jepang. Karena ikon dari negara tersebut adalah bunga cherry. Namun sebenarnya Cherry Blossom sudah banyak tersebar di daerah sub-tropis.

Image result for sakura

Ayo kita kenal lebih dekat spesies Cherry Blossom yang ada didaerah sub tropis
1. Sweet Cherry
Dikenal dengan nama Sweet Cherry yang berasal dari Eropa hingga Asia Barat dan menghasilkan buah cherry yang bisa dimakan. Warna bunganya putih cerah dan kontras hijau pada daunnya.

2. Bird Cherry
Kenapa namanya bird Cherry karena buah cherry nya sangat disukai burung. Bentuk cherry sangat kecil berwarna merah pekat, namun sayang dalam batang, daun dan buah cherry ini mengandung racun glycosides prulaurasin dan amygdalin.

3. Cherry
Nah apakah kalian kenal sama buah cherry yang selalu ada disetiap kue tart ulangtahun? Nama cherry ini Prunus Cerasus warna bunganya putih biasa, yang menjadi daya tarik cherry ini adalah buahnya yang bisa dimakan. Buah ini berasal dari Eropa Barat Daya hingga Asia Barat Daya.

4. Dwarf Cherry
Cherry Mongolia yang berasal dari Rusia hingga Italia. Spesies ini berbentuk semak-semak warna bunganya putih dengan kelopak berwarna hijau kemerahan, buahnya biasanya digunakan untuk membuat selai.

5. Bellflower Cherry
Cherry ini berasal dari Jepang dan sekitar daerah Taiwan, China serta Korea hingga daerah utara Vietnam. Warna bunga sakura ini adalah pink kemerahan dengan bentuk seperti lonceng menghadap ke bawah. Cherry ini menghasilkan buah cherry yang bisa dimakan dan lebih dikenal sebagai Taiwan Cherry.

Image result for festival sakura

Untuk menanam Sakura ini tentu sangat tidak mudah dan diperlukan perawatan khusus karena batangnya yang mudah sekali membusuk jika terluka. Masyarakat Jepang juga mempunyai tradisi yang cukup unik dimana mereka akan berkumpul dibawah pohon bunga sakura pada saat bunga tersebut mekar, biasanya mereka makan, minum, dan sambil menikmati mekarnya bunga sakura bersama-sama. Tradisi ini disebut Hanami yang berasal dari kata Hana berarti bunga dan “Mi” yang kanjinya berarti “Melihat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *