Buah Murbei

buah murbei

Khasiat Buah Murbei Untuk Kesehatan

Buah Murbei – Buah Murbei atau biasa yang di kenal dengan buah Mulberry merupakan buah-buahan yang menjadi buah favorit bagi banyak orang di seluruh dunia. Pada dasarnya, pohon Buah Murbei terkenal karena bagian daunnya yang biasa digunakan sebagai makanan ulat sutra, terutama di Asia dan Amerika Utara.

Dalam kuliner Buah Murbei dapat diolah menjadi selai, jeli, kue, teh dan lain-lain. Buah Murbei juga memiliki berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh manusia, diantaranya mengandung zat besi, riboflavin, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, fosfor, kalium, serta jumlah serat dan berbagai senyawa organik, seperti fitonutrein, zeaxanthin, reveratrol, anthocyanin, lutein, dan berbagai senyawa polifenol lainnya.

buah murbei

Buah Murbei juga memiliki manfaat diantaranya:
1. Menjaga kesehatan jantung
Mengkonsumsi Buah Murbei dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Dimana hal ini dapat memperkuat sistem saraf dan mengurangi kolesterol jahat sehingga mencegah terjadinya penyumbatan aliran darah. Oleh karena itu Buah Murbei sangat bermanfaat untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

2. Mengontrol gula darah
Murbei atau Mulberry mengandung beberapa senyawa yang dapat membantu dalam menyeimbangkan dan mengontrol gula darah pada penderita diabetes. Kandungan Flavonoid dalam Buah Murbei dapat mencegah kenaikan dan penurunan kadar gula yang ridak menentu pada penderita diabetes. Sehingga Buah Murbei sangat efektif untuk mencegah terjadinya komplikasi pada penderita diabetes yang disebabkan oleh lonjakan gula darah.

3. Meningkatkan penglihatan mata
Dengan mengkonsumsi segelas jus Buah Murbei secara rutin dapat meningkatkan penglihatan pada mata. Hal ini dikarenakan Buah Murbei mengandung vitamin A yang dapat memperkuat pandangan mata dan mengurangi ketegangan pada mata.

buah murbei

4. Kesehatan tulang
Buah Murbei juga mengandung vitamin K, kalsium, zat besi, serta sejumlah fosfor dan magnesium yang semuanya terkandung dalam Buah Murbei dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

5. Pencegahan penuaan dini
Buah Murbei juga mengandung vitamin A dan vitamin E, serta berbagai komponen karotenoid seperti lutein, beta karoten, zae xanthin, dan alpha karoten. Semua kandungan tersebut bertindak sebagai antioksidan yang secara khusus mempengaruhi kulit, jaringan, rambut, dan area lainnya yang dapat diserang oleh radikal bebas.

6. Mencegah resiko kanker
Buah Murbei telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional Cina sebagai obat dalam melawan kanker. Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa antioksidan yang terkandung dalam murbei dapat menurunkan stres oksidatif yang dapat mengurangi risiko kanker.

buah murbei

Karena banyaknya manfaat dari Buah Murbei, banyak digunakan untuk berbagai macam bahan dalam industri makanan maupun digunakan untuk campuran bahan pembuatan obat-obatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *