Bunga Dahlia

Dahlia adalah bunga nasional di negara Meksiko, tanaman ini sifatnya tahunan, berbunga di musim panas sampai musim gugur. Tanaman dahlia adalah makanan larva beberapa jenis kupu-kupu.

Gambar terkait

Karena keindahan bunga ini menjadi salah satu bunga favorit para ibu rumah tangga. Bukan hanya keindahannya, menanam dan merawat bunga dahlia juga tidaklah sulit, karena bunga ini mudah menyesuaikan lingkungan dimana dia hidup. Berikut ini akan kami berikan cara menanam dan merawat bunga dahlia :

1.Bibit bunga Dahlia

Hasil gambar untuk bibit bunga dahlia

Kunci utama untuk budidaya bunga dahlia adalah pengairan dan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhan tanaman ini. Untuk bibitnya sangat mudah didapatkan, karena bibit yang berasal dari umbi akarnya, biji, bagian batang yang bisa disemaikan menjadi benih. Namun jika anda tidak ingin ribet anda bisa langsung membelinya di toko bunga. Apabila anda bisa mengembangkan persilangan maka akan menghasilkan bunga yang lebih indah.

2. Tempat Tanam

Hasil gambar untuk bunga dahlia

Bagi anda yang mempunyai lahan yang luas, anda bisa coba menanam di halaman rumah atau kebun. Tapi bagi anda yang tidak punya lahan bisa membudidayakan bunga dahlia menggunakan pot atau polybag. Pastikan anda menaruh tanaman dahlia di tempat dimana tanaman bisa mendapatkan suplai sinar matahari yang cukup agar menghasilkan bunga yang sempurna. Jika bunga dahlia terkena sinar matahari secara langsung warna bunganya akan menjadi pudar.

3. Proses penanaman

Gambar terkait

Untuk menjaga bunga tumbuh maksimal anda bisa menggunakan pupuk kimia, tapi harus disesuaikan dengan fase pertumbuhan ya. Apabila bunga sudah mulai mekar anda bisa memangkas daun serta ranting yang tidak utama. Metode ini digunakan untuk mendapatkan mekar bunga yang sempurna daripada harus menggunakan pupuk kimia.

Jika pertumbuhan tanaman sudah maksimal anda bisa melakukan cara alami dengan pemangkasan dan juga pemilihan ranting atau dahan utama sebagai tempat dimana bunga akan tumbuh, jadi pemupukan hanya dijadikan sebagai cadangan ya. Bunga dahlia tanaman yang tidak terlalu membutuhkan air sehingga anda tidak perlu menyiramnya terlalu banyak. karena penyiraman berlebihan akan berakibat busuknya umbi.

Agar mendapatkan tanaman yang lebat, kuat dan banyak berbunga, sebaiknya anda membuang bakal bunga yang baru muncul saat ketinggian tanaman baru setinggi kaki. Sehingga, saat tanaman semakin tinggi, akan semakin banyak bunga yang dihasilkan.

Cukup sederhana dan mudah bukan untuk dipratekkan, semoga bunga yang anda tanam bisa lebat dan cerah sesuai harapan yang anda ingin kan 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *