Bunga Kantil

bunga kantil

Manfaat Bunga Kantil

Bunga Kantil – Kantil merupakan bunga berwarna putih dan berbau harum dengan tinggi pohon mencapai 30 meter. Nama latin Bunga Kantil adalah Michelia Alba dan masih berkerabat dengan Bunga Jeumpa (cempaka kuning).

Adanya mitos yang berkembang di masyarakat, dimana aroma bunga kantil yang khas sangat disukai oleh kuntilanak, sejenis makhluk halus berjenis kelamin perempuan. Ada juga mitos ynag mengatakan bahwa kuntilanak menjadikan pohon Kantil sebagai rumah tempat tinggalnya.

Bunga Kantil sendiri mempunyai nilai tradisi yang sangat erat bagi masyarakat jawa, terutama Jawa Tengah baik dalam prosesi pernikahan maupun kematian. Tanaman kantil mempunyai beberapa nama lokal di berbagai daerah di Indonesia.

bunga kantil

Nama-nama lokal yang ada diantaranya cempaka bodas (Sunda), capaka bobulo (Tidore), capaka bobudo (Ternate), bunga eja kebo (Makasar), bunga eja mapute (Bugis), jeumpa gadeng (Aceh), campaka putieh (Minangkabau) dan lain-lain.

Dalam bahasa Inggris, flora identitas Jawa Tengah disebut dengan White Champaca. Di Filipina tanaman ini dikenal sebagai Tsampakang Puti. Pohon Kantil mempunyai tinggi yang mampu mencapai 30 meter dan mempunyai batang yang berkayu.

bunga kantil

Pada ranting pohon Cempaka Putih biasanya di tumbuhi bulu-bulu halus berwarna keabu-abuan. Daun Kantil (cempaka putih) tunggal berbentuk bulat telur dan berwarna hijau. Tangkai daun lumayan panjang, mencapai hampir separuh panjang daunnya.

Kantil mempunyai bunga berwarna putih yang mempunyai bau harum yang khas. Tanaman ini jarang ditemukan mempunyai buah karena perbanyakan persebarannya di lakukan secara vegetatif.

Pohon Kantil tersebar mulai dari daratan Asia beriklim tropis hingga beberapa pulau dikawasan pasifik. Di Indonesia, tanaman Pohon Kantil tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

bunga kantil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *