Bunga Kenanga

Bunga Kenanga

Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bunga Kenanga – Bunga Kenanga merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki nama latin Cananga Odorata. Tanaman ini berasal dari keluarga Annonaceae dan dapat tumbuh dengan cepat, serta memiliki tinggi rata-rata mencapai 12 meter.

Ciri-ciri umum dari bunga Kenanga ini antara lain adalah:
* Memiliki batang pohon yang lurus dengan tekstur kayu yang keras.
* Dalam proses pertumbuhannya, tanaman ini memerlukan pencahayaan sinar matahari penuh dan lebih banyak terdapat di tanah yang memiliki kandungan zat asam.
* Bunga kenangan berwarna hijau kekuning-kuningan dan berbentuk seperti bintang laut.
* Memiliki aroma harum yang khas karena mengandung Cananga Oil.
* Bungan Kenangan tingginya bisa mencapai 12 meter.

Bunga ini bisa kita jumpai di hutan-hutan maupun di perkarangan rumah warga. Bunga ini memiliki beberapa kandungan senyawa alami seperti asam bensoat, geraniol, farnesol, bensin asetat, eugonal, kadinen, linalool, sadrol, dan pinen.

Bunga Kenanga

kembang kenanga juga memiliki beberapa manfaat lain diantaranya adalah:
1. Sebagai aromaterapi
Kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam bunga Kenanga dapat dijadikan sebagai bahan alternatif untuk pembuatan parfum aromaterapi. Kandungan minyak ini dapat membantu dalam pengaturan kelenjar adrenalin.

2. Membantu mangatasi kulit kering
Ekstrak kembang kenanga yang memiliki warna hijau kekuning-kuningan biasanya digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan sabun. Biasanya digunakan untuk menyeimbangkan kada minyak pada kulit kita. Oleh karena itu sangat cocok digunakan untuk orang yang memiliki jenis kulit yang kering.

3. Sebagai bahan luluran
Sejak zaman dahulu banyak masyarakan yang memanfaatkan bunga Kenanga sebagai bahan untuk perawatan tubuh, misalnya untuk luluran ataupun masker. Dengan cara memanfaatkan kandungan minyak yang terdapat dalam kembang kenanga untuk membantu mendapatkan kulit maupun wajah yang halus dan lembut.

Bunga Kenanga

4. Mencegah bau badan
Bau badan yang tidak sedap dapat diatasi dengan mengkonsumsi ramuan yang berasal dari kembang kenanga sebanyak 15 gram dan gula batu secukupnya dalam 600cc air bersih dingga air rebusan hanya tersisa separuhnya saja.

5. Dapat mengobati encok (rematik)
Untuk mengatasi gangguan encok, biasanya menggunakan kembang kenanga yang belum mekar dan di campur dengan bahan lainnya seperti daun srikaya, daun ketapang, jahe, merica, serta kapur sirih.

6. Untuk mengobati sakit kepala
Untuk mengobati sakit kepala, kita dapat merebus kembang kenanga dan jahe yang telah dirilis bersama dengan air. Biarkan mendidih dan airnya tersisa separuh, setelah itu segera minum ramuan tersebut selagi hangat.

Bunga Kenanga

Di Indonesia, bunga kenanga biasanya digunakan dalam berbagai upacara adat seperti perlengkapan prosesi perkawinan, maupun untuk digunakan sebagai perlengkapan tabur bunga di makam. Bunga ini menjadi salah satu indentitas bagi beberapa propinsi di Indonesia seperti Sumatera Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *