Foxglove (Digitalis purpurea)

Jangan tertipu akan cantiknya warna bunga ini, saat bunga ini mekar akan berbentu seperti lonceng dan warna bunga ini akan menarik banyak perhatian kaum, apalagi anda menanamnya di kebun akan terlihat semakin indah dan sejuk, nama ilmiah dari tanaman ini digitalis yang artinya jari kehidupan, karena ukuran bunga hampir sama besar dengan jari tangan manusia.

Image result for Foxglove (Digitalis purpurea)

Bunganya tumbuh memanjang dalam satu tangkai, memiliki warna yang beragam mulai dari biru, pink, putih, ungu, dan kuning. Dibalik kecantikan bunga foxglove ini menyembunyikan bahaya yang ada dibaliknya tanaman beracun karena dibagian bunga ini mengandung glikosida dan kardiak yang dapat menyebabkan keracunan.

Jika anda ada menanam tumbuhan Foxglove pastikan jangan sampai ada bagian tubuhnya yang termakan oleh manusia atau binatang peliharaan, karena jika termakan akibatnya akan mengalami diare, muntah, halusinasi, mual dan penglihatan kabur dan menurunnya kemampuan motorik dan kemudian menyebabkan kematian.

Foxglove2

Namun di dunia medis foxglove adalah salah satu bahan obat yang digunakan untuk mengobati kondisi jantung yang tidak normal, epilepsi dan gangguan lainnya namun belakangan ini setelah banyak orang yang mengetahui fungsi tanaman ini digunakan untuk tujuan lain yang negatif.

Related image

Pada abad ke 17 digunakan oleh para tentara perang dan keluarganya untuk mengobati penyakit kardiovaskular dan sampai sekarang pun ada beberapa obat kimia yang kandungan bahan hasil ekstraksi dari bunga foxglove. Obat kimia ini digunakan untuk pasien-pasien yang bermasalah dengan jatung termasuk gagal jantung. Selain mengatasi masalah jantung, bunga ini pun digunakan untuk menghentikan penyebaran sel kanker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *