Kaktus Ariocarpus

Kaktus ini merupakan salah satu kaktus yang unik, kenapa unik? Karena bisa kaktus terkenal akan duri, tapi kaktus Ariocarpus tidak memiliki duri pada batangnya, selain itu kaktus ini memiliki daun berbentuk prisma, ada yang melengkung, tumpul dan runcing. Kaktus ini juga mempunyai warna yang sangat indah, warna dari bunga kaktus ini beragam ada ungu, pink, putih, kuning dan merah.

Gambar terkait

Ada idiom yang menyebutkan bahwa ariocarpus melambangkan kemewahan tanaman anggota keluarga Cactaceae. Tinggi kaktus Ariocarpus berdiameter mencapai 25cm-30cm. Tiap tahun kaktus ini bisa bertambah 1cm, jadi umur kaktus ini bisa diperkirakan 30 tahun.

Kaktus Ariocarpus mempunyai perawakan seperti batu dan batu adalah habitat aslinya karena hidup diantara bebatuan. Biasanya tepat di tengah kaktus ini ditumbuhi bunga. Ariocarpus sendiri merupakan salah satu jenis dari 8 spesies sukulen, tanaman ini termasuk tanaman subtropis. Nama Ariocarpus sendiri berasal dari bahasa Yunani kuno “aria” jenis suatu oak dan “carpos” yang berarti buah. Karena kemiripan buah dari kedua genus tersebut ketika dalam bentuk biji.

Semua spesies Ariocarpus dapat di temukan di Meksiko bagian utara dan pusat, karena memiliki eksposur matahari yang kuat. Anda juga bisa menemukannya di bukit kapur di Rio Grande bagian selatan Texas. Tapi sayang tanaman indah ini sudah terancam punah dan sangat jarang ditemukan di alam bebas.

Cara Merawat Kaktus

1. Sesuai dengan habitat aslinya kaktus menyukai sinar matahari di gurun pasir yang panas dan memiliki sirkulasi udara baik. Kaktus tidak suka keadaan tempat yang terlalu lembap, karena daging kaktus itu tebal. Jika terlalu diberi banyak air akan  cepat membusuk dan mati.

Hasil gambar untuk cara merawat kaktus ariocarpus

2. Saat menanam kaktus harus perhatikan dua hal dengan baik yaitu bibit dan cara menanam. Anda bisa menanam ke dalam pot atau di tanah secara langsung.

3. Jika anda sudah menaruhnya di dalam ruangan, usahakan dalam 3 hari sekali kaktus harus diangin-anginkan supaya tidak lembap dan tidak mati.

4. Jangan menaruh dan membiarkan kaktus langsung terkena sinar matahari. Karena dibiarkan terlalu lama ujung kaktus akan berubah warna karena terbakar.

Gambar terkait

5. Menyiram kaktus tidak sama dengan tanaman biasa yang lain. Menyiramnya hanya disemprot saja dengan menggunakan botol spray khusus supaya kaktusnya tidak terlalu lembab. Lakukan penyiramannya pada pagi / sore hari.

Ada beberapa jenis kaktus bisa tumbuh sendiri tanpa perlu perawatan khusus. Jadi jika Anda suka berkebun, tidak ada salahnya untuk mencoba merawat kaktus hias di rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *