Kantong Semar

Pasti banyak diantara kalian yang mengetahui kantong semar merupakan tanaman yang sangat unik dan menggantungkan hidupnya sebagai pemakan serangga dan hewan kecil lainnya yang dikenal dengan tanaman karnivora. Tanaman ini juga terancam punah akibat perburuan dan koleksi tanaman hias, tanaman pemangsa ini memanfaatkan kekuatan air hujan untuk menjebak semut yang berlindung di bawah kelopak mereka.

 

Kenapa tanaman kantong semar hidup sebagai tanaman pemakan serangga? Karena tanaman kantong semar umumnya tumbuh di habitat yang sangat miskin dan menghasilkan karbon. Kegagalan habitat untuk mendukung pertumbuhan tanaman kantong semar membuat tanaman ini kekurangan posfor dan nitrogen untuk pertumbuhannya karena bertindak sebagai pupuk.

Hasil gambar untuk kantong semar

Tekanan lingkungan yang miskin membuat tanaman ini berevolusi mengkonsumsi serangga disekitarnya agar bisa bertahan hidup. Protein dan asam nukleat yang dikandung serangga akan menyuplai zat nutrisi tanaman kantong semar jika dicerna oleh tanaman ini.

Gambar terkait

Kantong khusus tanaman ini sudah dilapisi lilin yang sangat licin akan menyulitkan seragga untuk naik jika sudah terperangkap di dalam. Ditambah lagi dengan jebakan khusus yang akan menutup jika serangga sudah terperangkap di dalam kantong.

Hasil gambar untuk kantong semar

Tanaman Kantong Semar bisa menghasilkan cairan yang mengandung chitinase di dasar kantong yang bermanfaat untuk mencerna kerangka keras dan daging serangga. Tidak semua serangga dimangsa oleh kantong semar, seperti laba-laba tertentu dan semut. Karena kantong semar dan semut mempunyai kerja sama yang erat dan saling menguntungkan. Semut akan dibiarkan bebas untuk mengambil sisa serangga yang dimangsa tanaman kantong semar karena sisa sampah makanan kantong semar menjadi bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *