Khasiat Bunga Kenop

Khasiat bunga kenop sudah tidak perlu ditanyakan lagi karena sudah ada dijaman nenek moyang kita, yang dipercayai menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang salah satunya asma, diuretik, luka dan penyakit kulit seperti korengan. Bunga Kenop mempunyai nama latin : Gomphrena Globosa L tapi bagi petani pedesaan ini dianggap gulma, atau tanaman pengganggu yang hidup secara liar di pematang sawah, pinggir jalan, selokan dan juga pekarangan.

Hasil gambar untuk bunga kenop

Bunga kenop mempunyai warna cukup menarik untuk dijadikan tanaman hias, di tiap daerah tanaman ini mempunyai panggilan lokal yang dikenal dengan adas-adasan, talimantulu, dan qiang hong. Ciri tanaman bisa dikenal dengan warna bunganya yang indah yaitu warna ungu, tinggi tanaman ini mencapai 60 cm, batangnya tebal, lunak serta bercabang, mempunyai akar tunggang berwarna kuning kecokelatan.

Hasil gambar untuk manfaat bunga kenop

Buah dari tanaman ini seperti kotak, bentuk segitiga, masing masing terbungkus lapisan tipis, sedangkan bijinya berbentuk seperti ginjal yang berwarna coklat terang.

Khasiat dari bunga kenop untuk kesehatan antara lain :

– Daunnya biasa digunakan untuk menambah nafsu makan
– Bunga kenop bisa dijadikan obat untuk mengatasi penyakit prostat
– Bunga Kenop juga bisa diseduh menjadi teh mengobati flu
– Mencegah penyakit bronchitis yang menyerang kesehatan pernapasan, bunga ini membantu menyehatkan organ paru-paru.
– Menyembuhkan luka pada kulit, kandungan sehatnya akan mempercepat pengeringan luka.
– Bagus untuk kesehatan ginjal, Bunga ini dapat melindungi kesehatan ginjal dari ancaman penyakit seperti batu ginjal.
– Obat kudis dan koreng, kandungan anti infeksi dalam bunga ini membuat luka di kulit anda tidak mudah terinfeksi dan cepat mengering dalam beberapa hari.
– Fungsi bunga kenop bisa meredakan panas demam pada tubuh, bisa membantu mengontrol suhu tubuh sehingga demam dapat diatasi dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *