Manfaat Tumbuhan Kumis Kucing

Tanaman ini sering kita jumpai di Indonesia dan dipercayai memberikan banyak khasiat bagi kesehatan. Asal muasal tanaman ini sebenarnya berasal dari Afrika kemudian menyebar ke Asia dan Australia. Kenapa disebut kumis kucing karena benang-benang halus berwarna putih seperti kumis kucing. Bahasa Latin tanaman kumis kucing adalah Orthosiphon Aristatus.

Hasil gambar untuk kumis kucing

Tumbuhan kumis kucing mempunyai 2 jenis yaitu bunga berwarna putih dan ungu. Meski pun terkenal dengan kumis kucing tapi yang sering digunakan menjadi obat bukan bunganya melainkan daun dan ujung-ujung batang yang masih muda.

Hasil gambar untuk kumis kucing

Manfaat kumis kucing :

1. Memperlancar pengeluaran air kemih

Jika anda kesulitan membuang air kecil berarti saluran kencing anda sedang mengalami infeksi. Infeksi bisa terjadi pada saluran ginjal dan kandungan kemih, biasa disebabkan adanya bakteri escherishia coli yang biasa hidup pada kotoran manusia dan usus manusia.

2. Mengobati Rematik

Rematik adalah penyakit menyerang persendian, otot dan urat. Pengobatan untuk penyakit ini biasanya ditujukan untuk mengurangi rasa nyeri, menghilangkan peradangan serta memelihara fungsi persendian tetap dama keadaan baik.

3. Mengobati Batuk

Jenis penyakit umum yang sering dialami manusia, penyebab batuk karena adanya benda asing (debu, alergi, atau kuman) atau sesuatu yang merangsang selaput lendir.

4. Mengatasi masuk angin

Masuk angin adalah penyakit yang ditimbulkan karena adanya perkumpulan gas yang tidak teratur dalam tubuh, orang yang kurang tidur, terlambat makan, kelelahan, kedinginan bisa menyebabkan masuk angin.

5. Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat menyerang bagian persendian terutama sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku dan pergelangan tangan. Jika mengkonsumi kadar asam urat berlebihan , ginjal tidak akan mampu mengeluarkan zat tersebut sehingga kristal asam urat menumpuk dipersendian. Hal ini menyebabkan sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.

6. Mengobati Keputihan

Keputihan hal umum yang sering dialami setiap wanita, gangguan ini disebabkan oleh bakteri, virus, jamur dan parasit.

7. Mengobati Sembelit

Sembelit salah satu gangguan pencernaan dimana terjadi pengerasan tinja yang mengakibatkan sulitnya buang air besar. Penyebabnya kurang mengkonsumsi makanan berserat, buang air besar tidak teratur, perubahan hormon dan pola makan yang tidak teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *