Pohon Gaharu

Pohon Gaharu dijuliki pohon termahal di dunia, harga terendah 1kg kayu Gaharu adalah 300 ribu sedangkan harga tertinggi kayu gaharu bisa mencapai lebih dari 100 juta/kg. Di pasaran harga kayu ini sendiri rata-rata dijual dengan harga 10-35 jt/kg. Masa panen pohon ini dalam kurun waktu 5tahun serta besar pohon bisa mencapai rata-rata diameter 40-60cm dan tingginya 40m.

Kayu ini sangat diminati oleh negara-negara timur tengah seperti Arab Saudi, Yaman, Palestina, Turki, Irak dan masih banyak lainnya. Kenapa harganya mahal karena permintaan yang tinggi sedangkan produksi yang ada terbatas.

Gambar terkait

Ternyata pohon gaharu mempunyai banyak manfaat selain bisa dijadikan kayu untuk bahan bagunan, meubeul, dan semacamnya , kayu gaharu mempunyai aroma khas dari bagian gubalnya, Apa itu gubal? Gubal kayu adalah bagian dalam batang kayu yang umumnya memiliki saluran untuk mengalirkan air dari akar (xylem). Gubal kayu juga dibatasi dan dikelilingi oleh bagian teras kayu.

Secara alami pada umur 25tahun biasanya pohon ini akan terserang penyakit yang disebabkan oleh jamur Fusarium akibatnya gubal kayu menimbulkan wangi yang khas dan sangat nyaman untuk dihirup. Hal tersebut yang membedakan kayu biasa dengan kayu gaharu.

Gambar terkait

Karena aroma khas pohon gaharu bisa dijadikan parfum, obat untuk terapi penyakit tertentu, bahan penambah sampo, komestik, bahan baku tasbih, mengatasi masalah sembelit, kembung, ginjal, diare, meringankan penyakit hipertensi dan sesak nafas.

Hasil gambar untuk daun gaharu

Jenis spesies pohon ini ada 20 spesies Gaharu yang ada di dunia tersebar alami di negara-negara Asia Tenggara, Tiongkok, sampai India.

Daun gaharu juga mempunyai banyak manfaat seperti :
1. Daun dijadikan teh
Teh daun gaharu terkenal akan anti penuaan karena kaya akan glikosida alami yang bermanfaat untuk kecantikan. Sering sekali kosmetik yang digunakan wanita mengandung merkuri yang dianggap sebagai penyebab penuaan dini lebih cepat, teh gaharu dapat menghilangkan merkuri dari dalam tubuh sehingga bisa mencegah penuaan kulit.

2. Menjaga berat badan
Manfaat teh gaharu akan membuat tubuh mengalami detoksifikasi terutama pada seseorang yang memiliki kelebihan berat badan, Untuk penurunan berat badan bisa dengan 6-8 cangkir teh gaharu per hari bisa disajikan hangat maupun dingin.

3. Mengurangi rasa mabuk
Banyak orang yang menggunakan teh gaharu untuk menghilangkan mabuk, atau mengurangi rasa mabuk. Ketika teh tersebut diminum selama intoksikasi, minuman ini dapat bekerja di dalam tubuh untuk menghilangkan alkohol (racun) dalam tubuh.

4. Menenangkan tubuh
Aroma yang dihasilkan teh ini mempunyai efek menenangkan alami yang menguraji gejala stres sehingga memungkinkan orang untuk tidur lebih lama dan lebih tenang, Nutrisi dalam daun teh gaharu juga bisa digunakan untuk kesehatan paru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *