Pohon Gandaria

Pohon Gandaria

Manfaat Pohon Gandaria

Pohon Gandaria – Gandaria adalah nama sebuah pohon dan buah yang mempunyai nama latin Bouea Macrophylla. Pohon Gandaria juga merupakan flora identitas provinsi Jawa Barat. Pohon Gandaria juga disebut dengan ramania atau kundagan di beberapa daerah Indonesia.

Misalnya di daerah Gayo menyebut Pohon Gandaria dengan nama Remieu, Dayak Ngaju menyebutnya dengan Barania, Sulawesi Utara menyebutnya Wetes, Minangkabau menyebutnya Dandoriah, daerah Bugis dengan sebutan Buwa Melawe dan lain-lain.

Pohon Gandaria

Gandaria di manfaatkan mulai dari buah, daun, hingga batangnya. Buah Gandaria yang masih muda sering dikonsumsi sebagai rujak atau campuran sambal Gandaria. Sedangkan untuk buah yang sudah matang dapat dimakan langsung. Daun Gandaria sering digunakan sebagai lalap dan batang Gandaria dapat dimanfaatkan sebagai papan dan bahan bangunan.

Ciri-ciri pohon Gandaria adalah tingginya bisa mencapai 27 meter, memiliki tajuk yang membulat, rimbun dengan untaian daunnya yang berjuntai. Pohon Gandaria memiliki pertumbuhan yang lambat.

Daun Gandaria berbentuk bundar telur memanjang sampai lanset atau jorong. Permukaan daun mengkilat dan mempunyai ujung yang runcing. Ukuran daunnya berkisar antara 11-45 cm untuk panjangnya dan 4-13 cm untuk lebarnya.

Pohon Gandaria

Bunga Gandaria tumbuh dari ketiak daun dan berbentuk malai. Bunga berwarna kekuningan yang kemudian berubah kecoklatan. Untuk buahnya berbentuk agak bulat dengan diameter antara 2.5-5 cm.

Buah Gandaria yang masih muda berwarna hijau. Ketika mulai tua dan matang buah berwarna kuning hingga jingga. Buah Gandaria memiliki daging buah yang mengeluarkan cairan kental dan memiliki bau khas yang menyengat serta memiliki rasa asam hingga manis.

Untuk menanam Pohon Gandaria bisa melalui persemaian biji ataupun dengan cara mencangkok. Tanaman Gandaria merupakan tumbuhan asli Indonesia yang juga terdapat di semenanjung Malaysia dan Thailand.

Pohon Gandaria

Di Indonesia tanaman ini banyak di temukan di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Maluku. Tanaman ini tumbuh di daerah beriklim tropis yang basah. Pohon Gandaria juga biasanya tumbuh di daerah dataran rendah hingga pada ketinggian 300 meter dpl.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *