Pom Pom Mushroom

Jamur Lion Mane atau Monkey Head

jamur pom pom

Pom Pom Mushroom adalah jamur yang berbentuk bola putih halus dengan duri duri lunak dan tidak memiliki batang. Dengan penampilannya yang unik, jamur ini mendapat banyak nama umum yang tentunya menarik juga seperti Old Man Beard, Satyr ini Beard, Lion Mane dan Monkey Head.  Dengan rata-rata ukuran 5 – 40cm.

Jamur ini juga dapat dikonsumsi, sebagian orang yang pernah memakannya mengatakan jamur ini memiliki rasa manis dan ringan ditambah teksturnya yang lembut bisa disamakan dengan daging lobster yang dimasak dengan mentega atau daging sapi.

Cara memasak jamur lion mane juga tidak sulit, jamur ini harus dimasak sampai permukaannya garing untuk menghilangkan rasa pahit saat dimakan. Selain itu, jamur pom pom akan lebih enak lagi jika dimasak dengan proses karamelisasi dengan minyak zaitun, sedikit arak beras dan mentega sebagai bahan terakhir.

masakan jamur pom pom

Jamur lion mane juga bisa diolah sebagai sayur vegetarian sebagai pengganti daging. Karena rasanya yang menyerupai daging dan enak dengan khasiat dan sulit ditemukan, menjadikan jamur ini sebagai salah satu makanan mewah.

Selain itu, cara mengolah jamur ini juga dibutuhkan keahlian khusus untuk mematenkan statusnya sebagai bahan makanan istimewa.

Jamur Lion’s Mane Sebagai Obat Tradisional

lion mane

Jamur Pom Pom juga bisa digunakan sebagai obat tradisional dengan banyak khasiat untuk kesehatan seperti obat kolestrol atau sebagai obat penyakit lambung dan saluran pencernaan, atau bisa juga sebagai obat gangguan sistem saraf, obat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, obat untuk melindungi hati, obat diabetes dan obat untuk memperbaik selubung myelin. Bahkan saat ini jamur pom pom anyak di olah menjadi suplemen dengan bentuk kapsul dan tablet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *