Sansevieria

Tanaman ini akrab disebut dengan lidah mertua merupakan salah satu tanam hias obat yang terpopuler di Indonesia, dalam bahasa inggris dikenal dengan sansevieria yang dinamai snake plant.

Bentuknya menjulur ke atas dan tajam membuatnya menyerupai lidah oleh karenanya itu sering disebut sebagai tanaman hias lidah mertua. Tanaman ini mudah tumbuh didaerah tropis, jadi tidak heran jika tanaman ini banyak digemari dan daya tahan tanaman hias ini juga sangat tinggi. Jadi tidak heran jika kita sering menemui tanaman ini dalam ruangan sebagai akses penghias.

Image result for Sansevieria tanaman

Daun ini juga mempunyai warna yang beraneka ragam, mulai dari hijau tua, hijau muda, perak, hingga warna kombinasi antara putih kuning atau hijau kuning. Motif alur atau garis-garis yang terdapat pada helai daun juga bervariasi ada yang beraturan ada yang mengikuti arah serat dan ada juga zig-zag.

Ciri Sansevieria umumnya berbentuk ramping, memiliki daun yang tebal dan bagian ujung daun runcing, tanaman ini bisa menyimpan air dalam jumlah yang cukup banyak pada seluruh bagian tubuh jadi bisa hidup pada daerah yang kering dan tandus sekalipun.

Manfaat Tanaman Sansevieria

Sebagai pembersih tanaman hias, Sansevieria juga mempunyai banyak manfaat yang sangat baik yaitu mampu menyerap dan menetralisir racun dari udara. Jenis racun yang diserap adalah nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, karbonmonoksida dan dioksin. Berdasarkan penelitian menyimpulkan bahwa hanya dengan 5 helai daun sansevieria dewasa mampu menyerap dan membersihkan ruangan yang luasnya 100m3 dari berbagai jenis polutan.

Selain penyerap racun Sansevieria juga mempunyai manfaat lain yang sangat penting yakni sebagai tanaman hias obat seperti penutup luka, obat wasir, cacar, cacing, penyakit mata dan telinga dan juga bahan minuman penyegar tubuh. Ada beberapa jenis sansevieria juga berkhasiat sebagai obat anti malaria, anticendawan, antikolesterol sampai anti kanker.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk membeli tanaman ini untuk dijadikan salah satu tanaman hias anda di rumah? Bagaimana apakah anda tertarik untuk membeli tanaman ini untuk dijadikan salah satu tanaman hias anda di rumah? Harganya bisa mencapai 10juta per daun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *