Tanaman Doll’s Eye atau Mata Boneka

Nama unik salah satu tumbuhan ini mata boneka atau white baneberry tanaman ini bisa berbugna dan menghasilkan buah yang mirip mata boneka, bila dilihat sekilas mungkin akan menyeramkan bagi. Tanaman asli Amerika Utara bagian timur Doll’s eye dalam bahasa latinnya disebut dengan Actaea Pachypoda.

Hasil gambar untuk tanaman mata boneka

Tanaman ini bisa ditemukan di hutan pedalaman dibagian timur Amerika, bentuk pohon yang unik daun sejenis daun berry, mempunyai bunga bergigi dan buah lonjong putih seperti berry terdapat bintik hitam ditengah atas sehingga berbentuk seperti mata boneka, akan matang pada akhir musim panas atau awal musim gugur. Tinggi tumbuhan ini bisa mencapai 50 cm lebih dan sangat rimbun.

Hasil gambar untuk tanaman mata boneka

Meskipun buahnya yang unik tapi buah tersebut sangat berbahaya bagi manusia, buahnya mengandung racun kardiogenik yang memiliki efek sedatif langsung pada jaringan otot jantung manusia. Bila buahnya dimakan maka akan menyebabkan serangan jantung sampai dengan kematian. Tapi buah ini tidak berbahaya bagi burung dan penyebaran biji utama.

Akar maupun daunnya juga menyimpan racun, saat seorang wanita meminum sebuah teh yang terbuat dari akar dari tanaman itu ditemukan tewas dirumahnya, jadi pohon ini hanya boleh dijadikan tanaman hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *