Tanaman Jarak

Tanaman Jarak mungkin sangat terkenal di Indonesia karena sudah digunakan sebagai obat herbal sejak nenek moyang, tidak hanya daunnya saja yang digunakan sebagai obat, namun sebagian dari tanaman jarak seperti buah, biji, getah, akar dan batang. Jarak merupakan tumbuhan liar dan biasa terdapat di hutan, tanah kosong, di daerah pantai, namin sering dikembangbiakkan dalam perkebunan. Jenis tanaman Jarak ada jarak pagar, jarak merah, jarak tintir, jarak hias dan jarak kepyar.

Image result for tanaman jarak

Sumber minyak jarak berasal dari tanaman jarak dan mengandung zat ricin sejenis racun yang mematikan. Pohon jarak merupakan satu-satunya tumbuhan yang bijinya kaya akan suatu asam lemak hidroksi yaitu asam ricinoleat. Getah tanaman jarak pagar mengandung flavonoid dan saponin serta jatrophie yang bersifat antijamur. Pada daun jarak pagar akan ditemukan senyawa kaemfesterol, sitosterol, stigmasterol, amirin dan teraksrol. Sedangkan pada biji tanaman jarak ditemukan kandungan glukanase yang memiliki antifungi, toksalbumin dan curcin yang bermanfaat sebagai antikanker. Ampas dari biji jarak yang sudah diperas minyaknya mengandung nitrogen, fosfat dan kalium.

Image result for tanaman jarak

Related image

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa tanaman jarak mengandung beberapa senyawa yang diperlukan tubuh untuk mengobati berbagai penyakit.

1. Keputihan pada lidah bayi
Pada bayi yang menyusui biasanya akan terdapat keputihan yang menempel pada langit langit lidah,untuk mengatasi hal tersebut biasanya daun jarak yang baru dipetik akan mengeluarkan getah pada tangkai daunnya dan dioleskan pada lidah bayi dan keputihan akan keluar bersama air liur

2.Mengobati radang telinga
Radang telinga bisa terjadi karena influensa yang mendadak ditandai suhu badan naik, sakit dalam telinga, sedikit tuli seperti berdengung.

3. Obat sakit gigi berlubang
Sering sakit gigi dan takut ke dokter gigi bisa coba menggunakan getak jarak bersifat antimikroba sehingga dapat mengusir bakteri seperti jenis staphylococcus, Streptococcus dan Escherechia Coli.

4. Perut Kembung dan masuk Angin
Bila bayi anda tiba-tiba mencret dan perutnya kembung akibat masuk angin, anda bisa mengambil beberapa lembar daun jarak pagar tua. Kemudian disiangi diatas api biarkan layu dan diolesi minyak kelapa, minyak telon atau minyak kayu putih. Setelah itu biarkan beberapa jam, biasanya akan langsung terjadi pembuangan gas dan zat yang tidak berguna dalam perut.

5. Koreng, jamur dan gatal
Minyak biji jarak tidak boleh tertelan karena mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan manusia, anda bisa cari minyak jarak pagar asli yang biasa tersedia di tukang urut, setelah itu panaskan, celup dengan kapas dan oleskan pada bagian kulit yang sakit.

6. Mengobati batuk
Ambilah akar pohon jarak secukupnya, kemudian bersihkan dan rebis dengan 7gelas air sampai mendidih dan tersisa 2 gelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *