Welwitschia : Tanaman paling Tangguh

Welwitschia : Tanaman paling Tangguh

Welwitschia (Welwitschia mirabilis ) adalah Tanaman Tertangguh Di Bumi Yang Tumbuh Di Area paling tidak ramah di dunia. Namibia adalah salah satu negara berpenduduk paling sedikit di dunia, kedua setelah Mongolia sebenarnya. Karena bagian selatan negara itu ditutupi oleh gurun Namibia yang terkenal. Meskipun negara itu sendiri tidak memiliki populasi manusia yang tinggi, Namibia kaya akan satwa liar.

Welwitschia : Tanaman paling Tangguh

Kebanyakan dari mereka beradaptasi dengan kondisi negara yang keras dengan cara yang tidak dilakukan spesies lain. Ambil satu contoh seperti tokek palmato. Hewan ini menyerap kelembaban dari bola matanya yang besar yang di basahi oleh embun setiap pagi.

Tidak hanya hewan, tetapi tumbuhan juga ikut beradaptasi dengan kondisi ini. Sebuah tanaman yang di anggap sebagai tumbuhan yang paling tangguh di bumi yaitu Welwitschia. Ini memiliki penampilan yang aneh tetapi 100% tumbuh dibumi. Apa yang unik dari tanaman ini? dan mengapa disebut sebagai tanaman paling tangguh di dunia?

Sepasang Daun

Tidak seperti tanaman lain dibumi yang sangat bergantung pada jumlah daun untuk hidup. Tumbuhan ini memiliki metode lain untuk bertahan hidup di iklim gurun Namibia yang Ekstrim. Alih-alih menumbuhkan banyak daun, tanaman ini hanya menumbuhkan beberapa daun saja.

Daunnya yang tebal dan tidak akan pernah rontok sama sekali selama sisa hidupnya, malah terus tumbuh. Sejak pertama kali benih ditanam dalam tanah dan tumbuh daun sampai mati. Sepasang daun itu adalah satu-satunya daun yang mereka miliki.

Tetapi jika Anda melihat tanaman dari gambar. Anda mungkin memperhatikan bahwa sepertinya tanaman itu memiliki banyak daun. Meskipun penampilannya mungkin menipu anda karena daun itu. Sebenarnya hanya dua daun yang lapuk karena angin dan panas.

Jantan dan Betina

Welwitschia adalah salah satu dari sedikit tumbuhan yang memiliki jenis kelamin. Ada beberapa tumbahan yang jantan dan sisanya betina. Pada dasarnya jenis kelamin dapat di tentukan dengan munculnya kerucut seperti bunga yang tumbuh di atas tanaman.

Jantan memiliki kerucut berwarna salmon yang lebih kecil dan persegi panjang. Betina tumbuh kerucut berwarna biru-hijau yang lebih besar dan lebih runcing bentuknya seperti piramida. Sel kerucut tersebut memiliki peran yang berbeda dalam proses reproduksi tumbuhan berdasarkan jenis kelamin.

Tanaman Tertangguh

Welwitschia dikatakan sebagai salah satu tanaman paling tangguh di dunia. Kita bisa melihatnya sejak ia berbentuk bijian. Benih tanaman ini memiliki viabilitas yang luar biasa, memungkinkan mereka untuk tetap dalam bentuk benih selama bertahun-tahun sampai hujan datang.

Kita tahu bahwa ujan jarang terjadi digurun Namibia. Karena hal tersebut sebagian besar Welwitschia berada di usia yang sama. Tidak hanya itu, sejak hujan jarang terjadi di daerah itu. Tanaman yang tumbuh juga bergantung pada kabut saja untuk mendapatkan air.

Berdasarkan fakta tersebut, kamu mungkin berpikir bahwa tanaman hanya akan bertahan hidup di iklim gurun selama beberapa tahun. Jika kamu berpikir seperti berarti kamu salah. Tumbuh di tengah gurun Namibia, Welwitschia dapat bertahan selama lebih dari 1.000 tahun.

Banyak dari tanaman yang di temukan di gurun tersebut diperkirakan telah tumbuh lebih dari satu milenum. Beberapa spesimen di gurun Namibia bahkan menunjukkan bahwa mereka telah hidup selama lebih dari 2.000 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.